20 Mei 2012

Cara Mempercepat Koneksi Internet

cara mempercepat koneksi internet ada berbagai cara baik menggunakan hardware maupun menggunakan software, salah satu adalah dengan Meningkatkan Kecepatan Download menggunakan idm. Atau dengan mengutak – atik about:config pada browser mozilla. atau dengan mengubah system regedit bagi yang menggunakan windows.
Tapi sebelum sobat berfikir untuk mempercepat koneksi internet yang  digunakan sebagaiknya sobat mengetahui cara mengukur kecepatan internet yang di gunakan saat ini dengan mengetahui kecepatan internet yang digunakan maka sobat akan mengerti apakah trik yang digunakan untuk mempercepat koneksi internet itu berhasil atau tidak.


Hal yang utama yang harus diketahui terkait dengan cara mengukur kecepatan inernet apa yang sobat gunakan untuk terhubung ke internet  misalnya sobat menggunakan modem adsl speedy misalnya akan sangat berbeda jika sobat menggunakan modem portable, begitu juga jika sobat menggunakan wireless akan berbeda jika menggunakan kabel LAN, penggunaan operation system windows xp akan berbeda jika menggunakan windows 7, belum lagi jika komputer atau laptop sobat terjangkit virus maka hasilnya akan berbeda.
Tetapi ukuran yang tepat adalah mengetahui apakah internet sobat bertambah cepat atau bertambah lambat adalah dengan mengukur bandwidth download dan upload yang digunakan baca: cara mengukur kecepatan inernet ). Berbagai cara mempercepat kecepatan internet
  1. Menggunakan dns google, Mengganti dns standar dari provider menggunakan dns google adalah salah satu mempercepat koneksi internet, tetapi cara ini tidak akan menambah internet bandiwidth sobat, Cuma mempercepat akses ke berbagai situs.
  2. menggunakan proxy Cara ini terbilang masuk akal dan benar adanya, yang menjadi permasalahan adalah kemampuan server proxy yang dibuat terkadang tidak mampu menampung pengguna yang banyak jadi bukannya mempercepat koneksi internet malah bisa sebaliknya, berbagai contoh alamat proxy yang banyak di gunakan.
  3. Jika sobat menggunakan wireless maka maka asumsi standar yang sering digunakan adalah bahwa kwalitas signal, berdasarkan pengalaman saya kualitas signal yang di gunakan bukannlah syarat utama internet yang digunakan akan cepat. Tergantung koneksi internet sebelum masuk ke akses point, tetapi untuk standar terbaik jika sobat menggunakan koneksi intenet menggunakan wireless adalah minimal 3 – 4 bar dengan kualitas ping ke gatway / hub rata – rata 1ms, baik ketika di bebani atau atau tidak. Hal penting lainnya ketika menggunakan internet dengan wireless adalah faktor pengguna lainnya. Ada baiknya sobat menggunakan bandwidth management seperti mikrotik agar bisa membagi internet secara adil kepada setiap pengguna internet yang ada.
  4. Penggunaan hardware dan software, Jika sobat menggunakan memory pas-pasan maka akan jauh lebih baik menggunakan memory yang lebih tinggi. Hal ini biasa terlihat pada browser yang lambat loading, apalagi jika sobat menggunakan windows 7 atau windows 8 nantinya yang mempunyai kebutuhan memory yang tinggi.
Selanjutnya adalah software, terkadang secara – sadar atau tidak sadar ada software yang melakukan update sendiri, seperti microsoft windows, antivirus dan berbagai program lainnya. Ada baiknya jika ingin menggunakan koneksi internet yang stabil tidak menjalankan auto update software yang bersangkutan.

 sumber : http://chapila.com/internet/cara-mempercepat-koneksi-internet.html

2 komentar: