TUGAS PENELITIAN AMIK IBNU KHALDUN


Penelitian jaringan
Pada
HOTEL MULIA INDAH







Disusun
Oleh  Kelompok  i


IRPAN
ADNAN
SUKMASARI
SUMARNI NASARUDDIN
ARDIANA USMAN
MASNA

Akademi manajemen informatika komputer
Amik ibnu khaldun palopo
2012




1.    PERANGKAT – PERANGKAT JARINGAN WIRELESS DI HOTEL MULIA INDAH


a.    Acces Point
          Adapun jenis Acces point yang digunakan pada hotel mulia indah yakni acces point  jenis TP-  LINK
1)    Penjelasan singkat tentang Acces Point
       Di dalam dunia jaringan komputer, Wireless Access Point (WAP) adalah sebuah alat yang     berfungsi     untuk menyambungkan alat-alat wireless ke sebuah jaringan komputer berkabel menggunakan Wi-FI, Bluetooth dan sejenisnya. Salah satu manfaat penggunaan Wireless Access Point ini adalah bisa dikuranginya penggunaan kabel di dalam membangun suatu jaringan komputer misalnya membangun jaringan komputer di gedung perkantoran. Wireless Access Point menggunakan frekuensi radio untuk mengirimkan dan menerima data.

b.    Modem

     Adapun  jenis modem yang di gunakan pada hotel mulia indah yaitu modem SAMEX ADSL
1)    Penjelasan singkat tentang Modem
       Modem merupakan singkatan dari Modulator-Demodulator. Modem digunakan sebagai alat untuk   merubah data dari bentuk analog atau sebaliknya dari analog ke digital. Modem dihubungkan ke komputer atau terminal menggunakan sebuah interface. Interface modem terdiri dari beberapa bagian, yaitu : Plugs, Soket, Pin, dan Kabel.
Bagian-bagian tersebut secara elektris dan mekanis harus sesuai satu sama lain dengan peralatan yang akan dihubungkan padanya. Kesesuaian secara elektris, berarti bahwa kedua peralatan yang dihubungkan harus mampu menyajikan status biner 1 dan 0 oleh tegangan yang sama yang berkisar antara 5 sampai 6 volt.
Modem memiliki kemampuan untuk melakukan self test, yaitu kemampuan melakukan operasi pembetulan terhadap kesalahan yang terjadi serta mampu mengembalikan semua data yang dikirim ke terminal asal atau sumber data.
c.    USB WIRELESS

Hotel mulia indah menggunakan USB Wireless untuk di sambungkan di komputer bagian Recepsionis
1)    Penjelasan singkat tentang USB Wireless
Wireless USB adalah jangka pendek, bandwidth tinggi radio komunikasi nirkabel protokol dibuat oleh Promoter Group USB Wireless. Wireless USB kadang-kadang disingkat sebagai "WUSB", walaupun USB Implementer Forum menghambat praktek ini dan sebagai gantinya memilih untuk memanggil teknologi "Certified Wireless USB" untuk membedakannya dari standar UWB bersaing. Wireless USB ini didasarkan pada ultra-wideband platform Aliansi WiMedia itu (UWB) radio umum, yang mampu mengirimkan 480 Mbit / s pada jarak hingga 3 meter dan 110 Mbit / s di hingga 10 meter. Ia dirancang untuk beroperasi di rentang frekuensi 3,1-10,6 GHz, meskipun peraturan kebijakan lokal dapat membatasi rentang operasi hukum untuk setiap negara tertentu.





3.    Jumlah Client
       Jumlah Client jaringan Hotel Mulia Indah  ada  2 client yakni ruangan Manager dengan ruangan   recepsionis
4.    Metode Pengalamatan.

       Ip. Adress    :    192.168. 2. 1/24
       Subnet mask    :    255.255.255.0
       Default Getway    :    192.168.2.1
       Use the following DNS server address
       Preferred DNS server    :    180.131.144.144
       Alternate DNS server    :    180.131.145.145

5.    Nama Tempat:
       HOTEL MULIA INDAH
       Jln. Mangga kota palopo

Komentar