21 Sep 2011

Permandian Air Panas Pincara



TIDAK banyak tempat wisata yang menawarkan keindahan alam untuk menyegarkan pikiran dan merilekskan otot sekaligus melakukan terapi penyembuhan penyakit. Permandian alam air panas Pincara di Masamba, Luwu Utara, salah satu alternatif mendapatkan objek wisata dengan manfaat yang komplet.

Permandian alam air panas Pincara terletak di sebelah utara Kota Masamba. Objek wisata ini bisa Anda kunjungi menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Jaraknya sekira 10 kilometer dari Bandara Andi Djemma dengan waktu tempuh sekira 15 menit.

Ada dua jalur pilihan untuk menjangkau tempat wisata ini. Pengunjung berjiwa petualang yang menyenangi tantangan, bisa mencoba jalur yang melintasi perkebunan kelapa sawit dan kebun masyarakat. 

Disarankan melintasi jalur utara Kompleks UPT Sepakat. Bila melintasi jalur ini pengunjung akan menikmati hamparan kebun kelapa sawit, rambutan, durian, mangga, langsat, dan cempedak.

Jembatan gantung sepanjang 50 meter yang membelah Sungai Baliase yang jernih dan sejuk salah satu tantangan yang harus dilalui. Anda juga masih harus melewati jembatan gantung sepanjang 100 meter sebelum akhirnya mencapai objek wisata permandian air panas Pincara.

Pilihan kedua melalui poros Masamba-Rampi yang melewati tiga desa. Jalur ini menawarkan panorama alam berbukit berhias persawahan bertingkat-tingkat. Udaranya sangat sejuk. Pengunjung juga bisa menyaksikan perikanan air tawar milik warga.

Sekretaris Desa Pincara, Nurlan mengatakan, objek wisata ini sering dikunjungi masyarakat karena memiliki banyak keistimewaan. Pengunjung bisa melakukan relaksasi atau pengenduran otot yang terasa kaku setelah berutinitas selama sepekan.

"Keistimewaan lainnya, bisa terapi penyembuhan penyakit," katanya.

Terapi penyakit, katanya, sering dilakukan warga di kolam permandian, karena air panas Pincara kaya mineral dan mikroorganisme. Kadar yodium yang cukup tinggi berkhasiat bagi penderita rematik, penyakit kulit, dan penyakit lainnya.

Keistimewaan inilah yang membuat kolam air panas Pincara ramai dikunjungi terutama pada hari libur atau sebelum dan sesudah Ramadan.

Kepala Bidang Pariwisata Pemkab Luwu Utara, Radjaziah Ma'ruf mengatakan, kelebihan permandian alam air panas Pincara salah satu potensi yang dapat menjadi wadah rekreasi bersama keluarga atau kerabat. 

0 komentar:

Posting Komentar